Advertisement
,

TP PKK Desa Danau Usung Akan Produksi Lawung Dan Sumping Khas Adat Dayak.

Senin, 21 Agustus 2023, Agustus 21, 2023 WIT Last Updated 2023-11-29T15:43:58Z

Puruk Cahu, Mura News- Beberapa waktu yang lalu Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Danau Usung, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya (Mura) telah memproduksi lawung dan sumping yang merupakan tutup kepala khas adat Dayak.


Pembuatan lawung dan sumping tersebut dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Desa Danau Usung, Weny bersama dengan anggota TP PKK dan warga setempat sebagai bentuk pembinaan yang dilaksanakan di Perpustakaan Desa Danau Usung dimulai sejak awal Agustus 2023 lalu hingga kini.


“Kita memberdayakan masyarakat yang ada disini terutama ibu – ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaaan dan mereka dengan senang hati mengikuti pekerjaan kita, selain dapat ilmu mereka juga dapat income untuk memenuhi kehidupan sehari – hari melalui penjualan lawung sumping yang dijual,” ujar Weny pada Minggu (20/8/2023)


Hingga kini, Ketua TP PKK Desa Danau Usung menyebutkan bahwa dirinya dan ibu – ibu setempat berhasil memproduksi lawung atau sumping sebanyak 30 lebih.


Oleh karena itu, istri kepala Desa itu mengatakan apabila para penjabat baik itu dari Anggota DPRD Murung Raya, penjabat Pemerintah Daerah, Kecamatan, Kelurahan, Desa, Kepala OPD, pegawai PNS, honorer dan bahkan seluruh lapisan masyarakat Murung Raya agar tidak membeli lawung atau sumping ketempat lain atau diluar daerah lagi.


“Kami siap menjual lawung dan sumping yang telah kami produksi dan apabila para penjabat bahkan masyarakat ingin memesan dalam jumlah besar kami siap menyediakannya, oleh karenanya kami harap seluruh masyarakat di Murung Raya tidak membeli lawung atau sumping diluar daerah lagi,” terangnya.


Sementara itu, Kepala Desa Danau Usung, Rahmat mengatakan mendukung penuh kegiatan ibu – ibu TP PKK di Desanya dan mengapresiasi Ketua TP PKK Desa Danau Usung yang dianggapnya sukses memberdayakan ibu -ibu setempat sehingga dapat memberikan masukan untuk meningkatkan ekonomi warganya.


“Saya sangat mengapresiasi TP- PKK Desa Danau Usung, karena mampu memberdayakan warga setempat dan setiap tahun selalu kami sisihkan anggaran untuk memberdayakan kegiatan TP- PKK di Desa Danau Usung termasuk juga kegiatan pembuatan lawung dan sumping ini,” katanya.(Red)

Iklan

Iklan