Advertisement
,

Dinas Ketahanan pangan Adakan Kegiatan GPM.

Minggu, 15 Oktober 2023, Oktober 15, 2023 WIT Last Updated 2023-12-05T23:30:22Z

Puruk Cahu,Mura News-Pemkab Murung Raya juga melakukan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pangan se Duni Tahun 2023, 

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Murung Raya melaksanakan kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM), yang dipusatkan di Stadion Mini Kota Puruk Cahu, Senin (16/10/23).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Murung Raya Yulianus dalam laporannya menyampaikan, pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi karena merupakan sumber energi untuk mempertahankan hidup. 

Menganggap bahwa pangan menjadi penting karena menyangkut permasalahan politik, ekonomi, sosial dan budaya.

“Jumlah penduduk semakin meningkat setiap tahunnya, dan masalah kemiskinan menjadi tantangan dalam pemenuhan pangan. Karena kemampuan rumah tangga mengendalikan kebutuhan pangannya, menunjukan ketahanan pangan rumah tangga/keluarga tersebut.” tutur Yulianus.

‘’Oleh karena itu kebijakan pangan menjadi isu sentral dalam pembangunan, keterjangkauan pangan merupakan kemampuan masyarakat dalam mengakses pangan, baik dari sisi akses terhadap ekonomi maupun akses fisik,’’ lanjut Yulianus.

Menurut Yulianus, kegiatan ini juga sebagai langkah proaktif Dinas Ketahanan Pangan Murung Raya yang perlu di dukung oleh semua pihak dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan sekaligus aksesbilitas masyarakat dalam pemenuhan bahan pangan dapat memperoleh harga yang murah, dan oleh sebab itu dalam hal ini pemerintah berkerjasama dengan Distributor, Perum Bulog dan Petani, pelaku usaha pangan dalam penyediaan komoditas pangan.

Terlihat Gerakan Pangan Murah yang dilaksanakan di Stadion Mini Kota Puruk Cahu tersebut sangat antusias dikunjungi masyarakat yang bermaksud ingin membeli bahan kebutuhan pokok dengan harga murah.(hlm)

Iklan

Iklan