Advertisement
,

Beberapa Kecamatan Di wilayah Mura Terendam Banjir

Kamis, 30 November 2023, November 30, 2023 WIT Last Updated 2023-12-05T15:17:56Z
Puruk Cahu,Mura  News-Intensitas hujan yang cukup tinggi berapa hari terakhir di Kabupaten Murung Raya mengakibatkan Sungai Barito meluap sehingga beberapa wilayah kecamatan yang berada di ke pinggir sungai mulai terendam banjir.

Adapun wilayah yang mulai terendam banjir diantaranya berada di Kecamatan Permata Intan, Kecamatan Sumber Barito, Kecamatan Murung, Kecamatan Laung Tuhup dan Kecamatan Batura.

Untuk Kecamatan Permata Intan rumah warga yang mulai terdampak banjir berada di Kelurahan Tumbang Lahung sebanyak 56 rumah, Desa Purnama 100 rumah dan Desa Juking Sopan sebanyak 50 rumah.

Kepala BPBD Murung Raya, Fitrianul Pahriman mengatakan banjir ini akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi terjadi di daerah hulu DAS Barito.

“Saat ini yang perlu kita waspadai bersama adalah tingginya curah hujan yang kapan saja bisa terjadi di wilayah hulu, yang mengakibatkan debit air semakin tinggi. Sehingga perlu kesiap siagaan seluruh pihak baik pemdes maupun kecamatan terlebih masyarakat kita wajib waspada untuk kondisi terkini,” kata Kalaksa BPBD Mura ini saat dikonfirmasi, Kamis (30/11/2023).

Dari informasi yang berhasil dikumpulkan, di wilayah Kecamatan Permata Intan pemerintah setempat bersama unsur TNI/Polri telah bergerak memberikan bantuan kepada warga yang terdampak, serta melakukan evakuasi terhadap warga masyarakat yang memang kondisinya tidak memungkinkan untuk tetap berada dirumah menjaga harta bendanya. (Hlm)

Iklan

Iklan