Advertisement
,

Dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi fokus dalam Rapat Paripurna Ke 6 Masa Sidang III Tahun 2023.

Senin, 06 November 2023, November 06, 2023 WIT Last Updated 2023-11-09T10:58:49Z


Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Paripurna  DPRD Kabupaten Murung Raya, Senin Tanggal, 6/11/2023).


Pj Bupati Mura Dr Drs Hermon Msi menanggapi positif dua raperda baik inisiatif DPRD dan usulan Pemerintah Daerah ini. 


Menurutnya usulan Raperda Inisiatif DPRD kali ini sangan penting bagi pembangunan ideologi pancasila.


“Dua duanya sangat penting, untuk usulan dari DPRD kita terkait pelaksanaan ideologi Pancasila ini, secara nasional memang telah ada, namun sangat diperlukan skala daerah sebagai pedoman implementasi aturan konsep ideologi pancasila sebagai dasar pedoman ber kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. 


tentunya ini nanti dalam pembahasannya perlu masukan dan saran dari berbagai pihak dalam Ranperda kita ke depan agar dapat di lakukan di masyarakat,” Kata Hermon saat diwawancarai awak media setelah Sidang Paripurna.


Hermon juga menambahkan terkait dengan usulan Raperda oleh pemerintah daerah, yakni Raperda Masyarakat Adat yang saat ini terus diupayakan dapat disahkan, karena sangat penting bagi daerah dalam memberikan payung hukum bagi masyarakat adat.


“Raperda ini sangat kita perlukan, karena saat ini Masyarakat hukum adat kita terus bersinggungan dengan berbagai aturan dan  terus berkembangnya dunia investasi. 


Sehingga perlu adanya kejelasan aturan yang memberikan payung hukum bagi masyarakat adat, sehingga dapat berjalan bersama dengan perkembangan aturan hukum positif dan perkembangan dunia usaha saat ini,” tambahnya.


Hermon berharap adanya dengan adanya Raperda bagi masyarakat adat ini dapat di bahas bersama DPRD, dan mendapatkan formula yang baik agar pemerintah daerah dapat memberikan payung hukum yang jelas terkait masyarakat hukum adat.


kami berharap adanya sinkronisasi antara masyarakat hukum adat dengan aturan hukum positif, serta adanya wilayah, aturan dan karena masyarakat adat di wilayah kita ini bisa bersama-sama berjalan bergandeng tangan , saling menopang demi kemajuan daerah kita ini.

Iklan

Iklan