Advertisement
,

Banjir Melanda Beberapa Desa Di wilayah Kecamatan Permata Intan Terendam Banjir.

Jumat, 01 Desember 2023, Desember 01, 2023 WIT Last Updated 2023-12-07T07:39:34Z
Puruk Cahu, Mura News-Akibat air sungai Barito meluap, diakibatkan curah hujan yang begitu tinggi mengakibatkan Sebanyak 106 rumah warga di wilayah Kecamatan Permata Intan Kabupaten Murung Raya (Mura) terendam banjir.

Kondisi ini terjadi di wilayah Kelurahan Tumbang Lahung sebanyak 56 rumah, Desa Purnama 100 unit rumah, dan Desa Juking Sopan sebanyak 50 unit rumah warga yang berada tepat di pinggiran DAS Barito yang meluap.


Seperti yang telah disampaikan Kepala BPBD setempat Fitrianul Pahriman banjir ini akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi terjadi di daerah hulu DAS Barito.


“saat ini yang perlu kita waspadai bersama adalah tingginya curah hujan yang kapan saja bisa terjadi di wilayah hulu, yang mengakibatkan debit air semakin tinggi. Sehingga perlu kesiap siagaan seluruh pihak baik pemdes maupun kecamatan terlebih masyarakat kita wajib waspada untuk kondisi terkini,” kata Kalaksa BPBD Mura ini saat dikonfirmasi, beberapa waktu yang lalu. 


Sementara informasi yang berhasil dikumpulkan, bahwa di wilayah Kecamatan Permata Intan pemerintah setempat bersama unsur TNI Polri telah bergerak memberikan bantuan kepada warga yang terdampak, serta melakukan evakuasi terhadap warga masyarakat yang memang kondisinya tidak memungkinkan untuk tinggal mengunggu harta bendanya. (Red)

Iklan

Iklan